SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

PROVINSI JAWA TIMUR

logo

Statistik Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini354
mod_vvisit_counterKemarin744
mod_vvisit_counterMinggu Ini4812
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin4622
mod_vvisit_counterBulan Ini17058
mod_vvisit_counterBulan Kemarin23737
mod_vvisit_counterSampai Hari Ini1488669

IP: 3.227.233.6
Hari Ini: 24 Agu, 2019

Pada tanggal 23 s/d 25 April 2013 Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pemberdayaan Satuan Linmas dan Masyarakat dalam Pengamanan Swakarsa di Jawa Timur,  bertempat di Hotel Utami Jalan Raya Juanda Selatan Kab. Sidoarjo. Pemberdayaan Satuan Linmas dan Masyarakat dalam Pengamanan Swakarsa di Jawa Timur ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Masyarakat dalam cegah tangkal terhadap gangguan keamanan lingkungan dan menyiapkan Aparatur Satuan Linmas Desa/Kelurahan dalam pengembangan Pengamanan Swakarsa yang berbasis masyarakat.

Diharapkan Satuan Linmas dapat menjadi pelopor dan pengerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat dan terwujud kerjasama yang sinergi antara Pemerintah Dearah dengan Instansi terkait TNI, Polri, dan Tokoh Masyarakat , RT/RW untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat  guna menciptakan situasi tertib,  tentram dan aman di Jawa Timur.

Kegiatan Pemberdayaan Satuan Linmas dan Masyarakat dalam Pengamanan Swakarsa diikuti oleh 50(lima puluh) peserta yang terdiri atas  :

  1. Kepala Bidang Linmas  Kabupaten / Kota  se Jawa Timur sebanyak  38  (tiga puluh delapan) orang.
  2. Pejabat Bakorwil I s/d IV se Jawa Timur sebanyak 4 (empat) orang.
  3. Kepala Seksi dan Staf pada Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Timur sebanyak 8 (delapan) orang.

Materi dalam kegiatan ini disampaikan dalam bentuk ceramah / tanya jawab dengan topik dan narasumber sebagai berikut  :

  1. Pola Pemberdayaan Satuan Linams dan Masyarakat dalam Pam Swakarsa di Era Revormasi. Disampaikan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG).
  2. Peran Satuan Linmas dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Disampaikan oleh  Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur.
  3. Konsep Pemolisian Masyarakat berbasis Komunitas. Disampaikan oleh Polda Jawa Timur.
  4. Peningkatan Peran Babinsa dalam mendukung Pam Swakarsa. Disampaikan oleh Kodam V / Brawijaya.
  5. Peran Satuan Linmas dalam Penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah di Jawa Timur. Disampaikan oleh KPUD Provinsi Jawa Timur.

Adapun hasil  Pemberdayaan Satuan Linmas dan Masyarakat dalam Pengamanan Swakarsa antara lain sebagai berikut :

  • Meningkatnya Koordinasi, Informasi, Sinkronisasi dan Sinergitas dalam penyelenggaraan Pam Swakarsa di Jawa Timur antara Aparat Satuan Linmas Kab/Kota,  Desa/Kelurahan, Tokoh Masyarakat RT/RW,  dengan berbagai elemen masyarakat lainnya;
  • Peserta dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi mencegah tangkal secara dini timbulnya gangguan Trantibum dengan mengetahui latar belakang penyebab timbulnya gangguan Trantibum ;
  • Peserta dapat merespon dengan arif dan bijaksana setiap perkembangan situasi yang menjurus pada terjadinya gangguan Trantibum

test4