SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

PROVINSI JAWA TIMUR

logo

Statistik Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini348
mod_vvisit_counterKemarin744
mod_vvisit_counterMinggu Ini4806
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin4622
mod_vvisit_counterBulan Ini17052
mod_vvisit_counterBulan Kemarin23737
mod_vvisit_counterSampai Hari Ini1488663

IP: 3.227.233.6
Hari Ini: 24 Agu, 2019

Peran Satlinmas pada saat terjadi bencana menjadi unsur penting dalam proses evakuasi dan penanganan bencana / pengungsi sampai adanya tindakan atau bantuan dari pihak terkait, namun demikian dalam rangka mengembangkan kemampuan dan meningkatkan keterampilan anggota Satlinmas dan masyarakat agar terwujud penanganan bencana yang cepat, tanggap dan efektif.

Menyadari pentingnya kesiapsiagaan yang solid bilamana sewaktu-waktu terjadi bencana di daerah potensi, diadakan Simulasi Kesiapsiagaan Satlinmas dalam Tanggap Darurat Penanganan Bencana di Jawa Timur pada tanggal 20 Nopember 2013 bertempat di Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung agar Satlinmas memiliki bekal baik pengetahuan, keterampilan, kemampuan, penyiapan sarana prasarana serta daya tanggap terhadap penanganan bencana.

Simulasi tersebut melibatkan 75 orang dari Satlinmas dan masyarakat dengan skenario terjadi hujan deras di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung yang juga termasuk daerah rawan bencana longsor. Petugas Pos Pengendalian Operasional (Posdal OP) memberi himbauan kepada seluruh daerah rawan bencana banjir & longsor. Terjadi longsor di Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo, Komandan Tim Siaga Bencana Desa melapor ke posko Kecamatan. Anggota Tim siaga bencana desa (Linmas) melaksanakan evakuasi korban dari titik kejadian ke titik aman dan memberikan pertolongan pertama kepada korban. Posko Kecamatan melapor ke Pos Pengendalian Operasional (Posdal  Op) dan diteruskan kepada Bupati dan Bupati menetapkan situasi tanggap darurat bencana. Komandan Pos Pengendalian Operasional (Posdal Op) memanggil seluruh komandana sektor untuk segera bergerak ke titik kejadian. Sektor evakuasi mendirikan tenda untuk pengungsi, sektor kesehatan melakukan pertolongan pertama kepada korban kemudian merujuk ke rumah sakit, Sektor dapur umum menyiapkan konsumsi untuk para korban.

 

 

 

 

 

 

test4